Selasa, 11 Mei 2021 |
Kesehatan - News Gallery

5 Gejala Awal Serangan Jantung, Kenali Sebelum Terlambat!

Kamis, 05 Jul 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 721 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Serangan jantung memang menjadi salah satu penyakit mematikan yang mengincar banyak orang. Apalagi, jika Anda memiliki riwayat hipertensi, risikonya sulit diatasi.

Padahal, sebelum mengalami serangan jantung seseorang dapat saja mengalami gejala-gejala yang sebenarnya mudah dikenali. Karena itu, Anda jadi bisa mencegah supaya tidak berdampak buruk.

Adapun gejala itu biasanya Anda jadi mudah lelah di sela beraktivitas. Belum lagi mendadak mengalami nyeri di bagian punggung, hingga merasa sesak napas atau sering bersendawa.

Supaya Anda bisa melakukan preventif terhadap serangan jantung, maka kenali lima tandanya berikut ini.

1. Mudah mengalami kelelahan

Ahli Jantung Dr Stacey E Rosen, MD, Go Red For Women di North Shore-LIJ Health System mengatakan, seseorang yang mudah lelah diindikasikan pernah atau bakal mengalami serangan jantung. Sebab pasien biasanya tidak punya aliran darah yang lancar ke jantung, sehingga memberikan tekanan ekstra pada otot.

Akibatnya Anda mudah lelah. Untuk mengetes, jangan takut konsultasi dengan dokter. Malahan dokter biasanya menyarankan untuk tes EKG yang berfungsi baik, karena mampu mendeteksi kejadian serangga jantung.

2. Nyeri di punggung, lengan, atau dada

Bila Anda kerap mengalami nyeri di bagian punggung, dada, atau salah satu lengan sering diklaim jadi tanda serangan jantung. Para ahli menjelaskan, ketika sel-sel otot jantung mulai kehabisan oksigen, bagian arteri bisa tersumbat. Darah pun tidak mengalir lancar melewati otot. Maka tandanya pasti Anda sering nyeri, bahkan rasanya bisa memicu kram berlebihan.

3. Sesak napas

Jika naik tangga kemudian terasa terengah-engah dan denyut jantung tidak beraturan, waspadai masalah serangan jantung. Belum lagi saat bangun tidur, tubuh terasa lelah dan denyut jantung meningkat. Padahal jantung berperan dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, serta menghilangkan karbon dioksida dari jaringan.

Jika aliran darah tersumbat ke jantung dapat mempengaruhi pernapasan Anda. Seorang wanita terutama yang sering mengalaminya. Jika mengalami hal itu, segera cek ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut.

4. Perut mulas atau bersendawa

Jika Anda kadang-kadang mengalami sakit maag setelah makan siang, mungkin dikhawatirkan jadi salah satu tanda serangan jantung. Di samping itu, Anda biasanya jadi sering mulas, mual dan muntah, ditambah lagi bersendawa.

Rasanya sangat tidak nyaman. Hal itu terjadi karena tersumbatnya aliran darah ke bagian perut, yang memicu gangguan menyakitkan.

5. Tenggorokan, leher, atau rahang terasa tidak nyaman

Sebelum terjadi serangan jantung biasanya leher atau rahang, serta tenggorokan rasanya tidak nyaman. Hal ini jadi salah satu indikasi serangan jantung. Sangat penting sekali Anda memahami tandanya supaya tidak terlambat ditangani atau memudahkan Anda melakukan preventif. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Gejala Awal Serangan Jantung, Kenali Sebelum Terlambat!

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top