Selasa, 23 April 2019 |
Kesehatan - News Gallery

5 Cara Atasi Asma Tanpa Inhaler

Rabu, 19 Sept 2018 | 06:33 WIB Dibaca: 144 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Kambuhnya penyakit asma tentunya sangat mengganggu bagi para penderitanya. Meskipun dapat diobati, asma dapat sangat menjengkelkan ketika sedang kumat. Ketika seseorang mengalami asma, ia akan mengeluarkan suara bernada tinggi saat menarik nafas. Saluran udara yang sempit adalah alasan utama terjadinya asma.

Mengobati asma membutuhkan pengendalian peradangan pada saluran udara dan membuka saluran pernapasan. Obat-obatan anti-inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan dan juga mengurangi kelebihan lendir yang ada di saluran udara. Obat ini biasanya dalam bentuk inhaler. Inhaler asma ini merupakan bantuan yang harus dimiliki untuk dapat mengatasi asma Anda dengan cepat.

Jika Anda tidak memiliki inhaler untuk menangani asma, Anda dapat menanganinya dengan cara-cara berikut untuk mendapatkan bantuan yang cepat.

1. Duduk tegak

Jika asma Anda kambuh, hentikan aktivitas yang sedang dilakukan, lalu duduklah dengan tegak. Jangan membungkuk apalagi berbaring saat asma Anda sedang kumat. Karena jika Anda membungkuk atau berbaring saat asma, ini akan membuah Anda semakin sulit bernapas.

2. Tarik napas panjang

Cara yang terbaik ketika asma kambuh adalah tarik napas dalam-dalam. Latihan pernapasan dapat membantu Anda untuk mengatasi penyakit tersebut. Usahakan jangan panik ketika asma Anda kambuh karena hal ini akan membuat Anda semakin sulit bernapas. Fokuslah untuk bernapas lewat hidung dan keluarkan melalui mulut Anda perlahan.

3. Konsumsi minuman panas dan madu

Minuman panas dapat mengendurkan saluran udara. Untuk mengurangi gejala, tambahkan satu sendok makan madu dalam minuman Anda. Madu adalah anti-mikroba dan anti-inflamasi yang baik bagi penderita asma. Anda juga dapat mencoba teh peppermint atau mentol untuk meredakan asma.

4. Jauhi penyebabnya

Mengontrol diri Anda terhadap paparan pemicu asma dapat sangat membantu. Hindari pemicu alergi jika Anda memiliki kondisi pernapasan yang kronis. Obat alergi juga dapat digunakan untuk membantu meredakannya. Debu, bau bahan kimia, asap rokok biasanya menjadi pemicu utama terjadinya asma. Pindahlah ke tempat yang lebih memiliki udara yang bersih untuk menghindari kumatnya penyakit tersebut.

5. Air panas

Ini adalah salah satu pengobatan yang dapat Anda lakukan di rumah dan cukup efektif untuk meredakan asma. Menghirup udara yang kaya akan kelembapan dan hangat dapat menenangkan dan membersihkan lendir yang ada pada saluran pernapasan Anda. Anda dapat menuangkan air panas ke dalam mangkuk besar dan kemudian menghirup uapnya. Untuk kelembaban yang ekstra, gunakan handuk di atas kepala Anda dan teteskan mentol ke air panas tersebut. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Cara Atasi Asma Tanpa Inhaler

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top