Minggu, 13 Juni 2021 |
Kesehatan - News Gallery

4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Meski Sedang Puasa

Selasa, 13 Jun 2017 | 01:05 WIB Dibaca: 825 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Memberikan ASI atau Air Susu Ibu pada buah hati menuntutmu untuk selalu memperhatikan kualitas dan kuantitas makanan yang kamu konsumsi. Jika pada hari biasa kegiatan makan sehat tidak terlalu menemui kendala, namun di bulan puasa ini kegiatan menyusui bisa menjadi hal yang berat. Sebab asupan makanan jelas berkurang.

Inilah tips sehat agar bisa tetap menyusui namun puasa juga tetap lancar:

1. Perbanyak minum air putih

Waktu antara berbuka hingga sahur adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk mengonsumsi air putih sebanyak mungkin. Namun hindari untuk meminum kopi atau minuman berkarbonasi lainnya sebab dapat menyebabkan dehidrasi. Padahal saat menyusui kamu butuh banyak asupan air.

2. Hindari mengonsumsi makanan pedas

Perhatikan makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka. Perbanyak makan sayur dan buah dan hindari semua makanan pedas serta produk olahan susu. Sebab zat di dalam makanan pedas mampu mempengaruhi kualitas ASI. Sedangkan produk olahan susu akan memicu produksi lendir dan hanya mengentalkan cairan tubuh.

3. Perhatikan aktivitas

Aktivitas yang terlalu padat di bulan ramadan juga dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Sehingga selalu sempatkan waktu beristirahat di tengah padatnya aktivitas. Sebab stres karena aktivitas yang tinggi dapat mempengaruhi kuantitas ASI.

4. Mintalah dukungan dari lingkungan sekitar

Dukungan dari lingkungan sekitar sangat dibutuhkan oleh para ibu menyusui. Terutama apabila kamu masih belum mengetahui apa yang harus dilakukan oleh ibu menyusui ketika sedang berpuasa agar tetap sehat. Berbagi perasaan dapat meminimalkan stres ibu menyusui sehingga kegiatan menyusui tetap lancar.

Puasa jangan sampai menjadi halangan bagi kamu untuk menyusui buah hati. Oleh karena itu terapkan tips di atas agar kegiatan menyusui tetap lancar di bulan puasa. [mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Meski Sedang Puasa

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top