Sabtu, 25 November 2017 |
Kesehatan - News Gallery

4 Ramuan Alami Atasi Pudarnya Warna Kulit Akibat Vitiligo

Selasa, 24 Okt 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 190 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Vitiligo adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pigmentasi abnormal pada kulit. Penyakit ini membentuk daerah putih dengan ukuran dan penyebaran yang berbeda pada kulit. Bagaimana cara mengatasinya?

Kondisi ini biasanya ditemukan di daerah kulit yang lebih gelap atau area yang terkena gesekan. Misalnya pada wajah, ketiak, bibir, alat kelamin dan tangan.

Penyakit ini mempengaruhi antara 1 dan 2 persen populasi. Umumnya menyerang orang berusia antara 20 dan 30 tahun, atau mereka yang berusia lebih dari 50 tahun. Kondisi ini lebih sering menyerang wanita dibanding pria.

Untuk mengatasi vitiligo, berikut ini beberapa resep ramuan yang dapat digunakan.

1. Pepaya

Buah ini mengandung nutrisi yang membantu menghidupkan kembali melanosit yang menghasilkan melanin atau warna kulit. Cara membuatnya, potong pepaya dan tumbuk hingga halus, lalu oleskan langsung ke daerah yang terkena. Biarkan sampai mengering, dan ulangi dua kali untuk hasil terbaik. Anda juga bisa meningkatkan efek ini dengan meminum jus pepaya.

2. Tanah liat merah

Tanah lliat mengandung tembaga yang bisa membantu mengembalikan pigmentasi kulit. Bahan ini juga bisa memperbaiki aliran darah dan hal ini berkontribusi pada kulit agar terlihat lebih sehat. Untuk membuatnya, campur dua sendok makan tanah liat merah dengan beberapa ekstrak jahe dan oleskan pasta ke area yang terkena selama 15 menit.

3. Kunyit

Bumbu ini bisa sangat bermanfaat bagi kulit karena bisa membantu mengembalikan pigmentasi secara alami.

Untuk membuatnya, siapkan kunyit, jahe dan jus lemon. Campur semua bahan dalam toples. Aduk dan konsumsi dua sendok teh sebelum makan. Pilihan lainnya adalah buat teh yang dicampur dengan kunyit dan oleskan cairan langsung ke kulit.

4. Jahe

Jahe tak hanya berkhasiat untuk mengatasi demam dan menghangatkan tubuh, jahe juga berguna dalam pengobatan vitiligo berkat kemampuannya untuk memperbaiki aliran darah.

Untuk membuatnya, siapkan satu akar jahe segar, satu sendok teh minyak mustard dan sejumput kunyit. Parut akar jahe dan campurkan dengan minyak mustard dan kunyit . Oleskan ini sebagai pasta langsung ke daerah yang terkena, dan biarkan di kulit selama 20 menit.

Selain menggunakan ramuan di atas, Anda harus melindungi diri dari sinar UV, gunakan tabir surya spektrum luas yang bagus. Oleskan ke seluruh kulit, setidaknya setengah jam sebelum terpapar sinar matahari.

Anda juga bisa memakai topi, kacamata hitam, dan pakaian pelindung untuk menutupi kulit Anda karena pada umumnya orang yang menderita vitiligo biasanya lebih mudah merasakan kulit terbakar. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Gemuk
Sabtu, 25 Nov 2017 | 06:31 WIB
Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Gemuk
Rajin Berjemur, Cara Alami Cegah Penyakit Rematik
Sabtu, 25 Nov 2017 | 01:02 WIB
Rajin Berjemur, Cara Alami Cegah Penyakit Rematik
Tips Ramuan Kunyit untuk Membersihkan Racun Tubuh
Jumat, 24 Nov 2017 | 09:48 WIB
Tips Ramuan Kunyit untuk Membersihkan Racun Tubuh

KOMENTAR

4 Ramuan Alami Atasi Pudarnya Warna Kulit Akibat Vitiligo

BERITA TERKAIT

Top