Minggu, 17 November 2019 |
News Gallery - Newstainment

4 Film Indonesia Laris yang Diadaptasi dari Novel

Jumat, 16 Agt 2019 | 19:36 WIB Dibaca: 298 Pengunjung

Film laskar pelangi. *

[NEWSmedia] -Industri perfilman Tanah Air semakin diminati oleh publik. Tidak mengherankan jika rumah-rumah produksi film semakin gencar dalam meningkatkan kualitas perfilman. Untuk menghasilkan film yang menarik, beberapa film Indonesia diadaptasi dari sebuah novel.

Saat ini, industri film Indonesia sedang diramaikan oleh dua film yang diadaptasi dari novel. Film Bumi Manusia dan Perburuan diadaptasi dari novel sastra karya Pramoedya Ananta Toer. Bahkan, Bumi Manusia sempat menduduki trending topic di Twitter.

Bumi Manusia berlatar masa penjajahan kolonial Belanda. Mengisahkan tentang perjuangan seorang pribumi dalam melawan pengadilan Belanda. Sedangkan Perburuan berlatar masa penjajahan kolonial Jepang. Perburuan mengisahkan tentang perjuangan seorang shodanco yang berjuang memerdekakan Indonesia.

Berikut empat film Indonesia laris yang diadaptasi dari novel di industri film nasional, 10 tahun terakhir.

1. Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi sempat menjadi pembicaraan publik pada 2008. Laskar Pelangi diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama. Laskar Pelangi mengisahkan tentang perjuangan anak-anak di Bangka Belitung dalam segala keterbatasannya. Mereka pantang menyerah untuk menggapai mimpinya.

Bisa dibilang, Laskar Pelangi merupakan film yang sukses di box office Indonesia. Film produksi Miles Films ini berhasil meraih 4,7 juta penonton. Dikabarkan, film Laskar Pelangi telah meraup Rp 165 miliar.

2. Critical Eleven

Critical Eleven rilis pada 5 Mei 2017. Film berjenis drama romantis ini menggandeng Adinia Wirasti dan Reza Rahadian sebagai bintang utama. Film Critical Eleven menjadi film pertama yang diadaptasi dari novel karya Ika Natassa.

Pada pertengahan 2017, Critical Eleven menjadi urutan ke-4 dalam film Indonesia terlaris. Critical Eleven telah disaksikan oleh 877 ribu penonton. Pendapatan kotor yang didapat film Critical Eleven sebesar Rp 30,7 miliar.

3. Danur: I Can See A Ghost

Danur diadaptasi dari sebuah novel berjudul Gerbang Dialog Danur karya Risa Saraswati. Film bergenre horor ini disutradarai oleh Suryadi. Film Danur diramaikan oleh Prilly Latuconsina, Sandrianna Michelle, Shareefa Daanish, Indra Brotolaras, dan Kinaryosih.

Danur mengisahkan tentang kehidupan Risa Saraswati (Prilly Latuconsina) sebagai anak indigo. Film ini berhasil meraih 2,7 juta penonton pada paruh 2017. Pendapatan kotor film Danur ditaksir mencapai Rp 95 miliar.

4. Dilan 1990

Film Dilan 1990 diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq dengan judul yang sama. Diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, film ini sukses membuat publik baper. Sesuai judulnya, tahun 1990 dipilih untuk menjadi latar film Dilan.

Dilan 1990 mengisahkan tentang perjuangan Dilan (Iqbaal Ramadhan) dalam merebut hati Milea (Vanesha Prescilla). Sejak pertama kali ditayangkan pada 25 Januari 2018, Dilan 1990 sukses meraih 4,3 juta penonton.[lpt

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

4 Film Indonesia Laris yang Diadaptasi dari Novel
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top