Kamis, 20 September 2018 |
News Gallery - Lifestyle

4 Cara Buat Gigi Putih, dari yang Murah hingga Mahal

Minggu, 24 Jun 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 312 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Gigi putih cemerlang dan rapi adalah impian setiap orang. Bagaimana cara praktis untuk mendapatkannya? Jawaban paling mudah dan simpel adalah dengan rajin menyikat gigi. Nyatanya tidak sedemikian mudah untuk mendapatkan gigi putih.

Menurut situs askthedentist, ada dua tipe gigi putih, yakni ekstrinsik dan intrinsik. Putih ekstrinsik berarti menghapus noda untuk mengembalikan warna putih alami gigi. Intrinsik berarti ingin memutihkan gigi lebih dari warna alami, seperti yang terlihat pada banyak selebriti.

Berikut beberapa tips mudah untuk mendapatkan gigi yang lebih putih baik secara ekstrinsik maupun intrinsik.

1. Menjaga kebersihan gigi

Pertama dan terutama, kebersihan gigi harus terjaga sebagai cara untuk mencegah agar tidak berubah warna menjadi kekuningan akibat tumpukan plak. Jangan lupa sikat gigi minimal dua kali sehari serta gunakan benang gigi dan obat kumur agar lebih maksimal.

Menurut askthedentist, penggunaan pasta gigi berpemutih tidak terlalu berpengaruh. Sebab, sikat gigi lah faktor krusial untuk putih gigi ekstrinsik.

2. Singkirkan makanan perusak gigi

Selain dapat menumpuk plak, makanan perusak gigi dapat mengubah warna alami dengan cepat. Jenis-jenis makanan perusak gigi sungguh beragam, mulai dari kopi, anggur merah, minuman bersoda, dan makanan yang mengandung unsur gula tinggi. Tentu saja, rokok juga termasuk benda yang dapat merusak warna alami gigi.

3. Pengobatan rumahan

Jika Anda tidak bisa berhenti mengonsumsi anggur merah dan merokok, ada sejumlah cara mengobati yang cukup mudah. Salah satunya adalah memakan sayuran mentah yang renyah. Cara lain dengan mengonsumsi stroberi dan nanas yang diklaim dapat memutihkan gigi.

Metode lain adalah dengan menggosok gigi menggunakan baking soda. Sebab, bahan pembuat kue itu berfungsi sebagai abrasif ringan yang dapat secara perlahan-lahan menggosok noda di enamel gigi. Jika ingin memakai cara ini, campurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok makan air. Gosok gigi dengan campuran tersebut beberapa kali dalam sepekan dan tunggu hasilnya.

Cara lain yang sedikit eksotik adalah dengan menggunakan minyak kelapa untuk menghentikan tumpukan plak. Situs kesehatan healthline menyarankan untuk memasukkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut dan kumur-kumur selama 15-20 menit. Cara ini cukup aman dilakukan sehari-hari karena tidak akan mengikis enamel gigi.

4. Perawatan kosmetik

Jika semua cara tersebut gagal, Anda bisa mengatasinya dengan perawatan kosmetik. Ada sejumlah alat pemutih gigi yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Strip pemutih dan gel termasuk perawatan kosmetik cukup murah untuk mendapatkan senyum cerah dalam waktu singkat.

Strip pemutih bisa ditempelkan di bagian atas dan bawah gigi. Jangan lupa dicabut setelah bahan kimia pemutih sudah bekerja dengan baik di gigi. Sementara gel harus dipakai sebagai pengganti pasta gigi.

Opsi paling ekstrem sekaligus mahal adalah dengan menggunakan veneer. Proses tersebut dapat menguras kantong Anda karena gigi akan digilas untuk diganti dengan veneer yang jauh lebih putih. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

4 Cara Buat Gigi Putih, dari yang Murah hingga Mahal
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top