Rabu, 18 Juli 2018 |
Kesehatan - News Gallery

4 Bahaya Jika Terlalu Banyak Makan Kedelai

Rabu, 12 Apr 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 594 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Tiap jenis makanan tentu memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing begitupun dengan kedelai. Makanan satu ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk olahan seperti susu, kecap, dan tempe. Meski bahan makanan ini baik untuk kesehatan, tapi mengonsumsi kedelai berlebihan juga ada efek buruknya lho...

Menemukan studi dari asupan kedelai yang berlebihan dikaitkan dengan gangguan pencernaan, kerusakan sistem kekebalan tubuh, disfungsi tiroid, penurunan kognitif, gangguan reproduksi dan infertilitas - bahkan kanker dan penyakit jantung.

Berikut sembilan bahaya yang mengintai tubuh jika berlebihan mengonsumsi kedelai:

1. Mengonsumsi kedelai berlebihan dapat meningkatkan kandungan trypsin inhibitor masuk dalam tubuh yang pada akhirnya mengganggu pencernaan protein dan dapat menyebabkan gangguan pankreas.

2. Goitrogens dalam kedelai jika dikonsumsi berlebihan dapat menghalangi sintesis hormon tiroid dan menyebabkan hipotiroidisme dan kanker tiroid.

3. Isoflavon yang ditemukan dalam kedelai dapat memblokir estrogen dan mengganggu fungsi endokrin, sehingga menyebabkan infertilitas, dan meningkatkan risiko kanker payudara.

4. Aluminium dan mangan dalam kedelai mengandung kadar tinggi aluminium yang jika dimakan berlebihan dapat meracuni sistem saraf dan ginjal. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

4 Bahaya Jika Terlalu Banyak Makan Kedelai
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top