Sabtu, 20 Juli 2019 |
Internasional

35 Diplomat Rusia Diusir Obama

Jumat, 30 Des 2016 | 16:30 WIB Dibaca: 703 Pengunjung

barack obama.*

WASHINGTON, [NEWSmedia] - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memerintahkan pengusiran 35 diplomat Rusia sebagai balasan atas tindakan yang mencederai kepentingan AS. Pada Kamis (29/12), Obama yang akan mengakhiri masa jabatan pada Januari 2017, mengatakan pengusiran ini sebagai balasan yang tepat dan perlu atas usaha-usaha untuk mengganggu kepentingan Amerika.

Dua kompleks Rusia di Maryland dan New York, yang disebut para pejabat Amerika sebagai tempat pengumpulan informasi intelijen, juga ditutup. Meskipun demikian, Duta Besar Rusia untuk AS, Sergey Kislyak, tidak termasuk diplomat yang diusir.

Pada hari yang sama, Obama menegaskan tindakan itu diambil sebagai balasan atas tindakan menakut-nakuti terhadap para pejabat Amerika di Moskwa dan operasi peretasan maya dalam pemilihan presiden Amerika.

“Ini adalah tindakan yang perlu dan respons yang sesuai atas upaya-upaya merusak kepentingan AS dan pelanggaran terhadap norma-norma perilaku internasional,” katanya.

Presiden Obama menyebut pengusiran ini sebagai balasan yang tepat dan perlu atas usaha-usaha untuk mengganggu kepentingan Amerika. Dia berpendapat semua warga Amerika seharusnya merasa khawatir atas tindakan-tindakan Rusia.

“Saya telah memerintahkan sejumlah tindakan respons terhadap pemerintah Rusia yang agresif terhadap pelecehan para pejabat AS dan operasi peretasan pemilihan presiden AS,” kata Obama.

Sebagaimana diumumkan oleh Departemen Luar Negeri Amerika, 35 diplomat Rusia yang bekerja di Kedutaan Besar di Washington DC dan Konsulat Jenderal di San Francisco dinyatakan sebagai "persona non grata" atau orang-orang yang tidak diinginkan. Mereka bersama keluarga mereka diberi waktu 72 jam untuk meninggalkan wilayah Amerika Serikat.

“Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Biro Investigasi Federal telah merilis informasi teknis yang semula rahasia dari aktivitas peretasan intelijen militer dan sipil Rusia,” ujar Presiden AS. [bsc/03]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

35 Diplomat Rusia Diusir Obama

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top