Jumat, 03 Juli 2020 |
News Room

340 Unit Jembatan di Kabupaten Lebak Tidak Layak Dilintasi

Selasa, 31 Jan 2017 | 16:30 WIB Dibaca: 1094 Pengunjung

Salah satu jembatan gantung yang ada di Lebak, Banten.*

LEBAK, [NEWSmedia] - Dari 1.088 unit jembatan yang ada di Kabupaten Lebak, Banten, sebanyak 340 unit jembatan sangat tidak layak dilintasi, karena kondisinya rusak akibat dimakan usia.

"Kami tahun ke tahun terus merealisasikan pembangunan jembatan gantung itu melalui APBN Pusat dan APBD setempat juga kepedulian perusahaan swasta," kata Bupati Lebak Iti Octavia saat peresmian jembatan Desa Sukajaya, Kecamatan Sajira, Lebak, Selasa (31/1/2017).

Akibat dari rusaknya jembatan, pernah terjadi kejadian memilukan pada tahun 2015, puluhan siswa SD terjatuh dari atas jembatan gantung. Namun, peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa dan hanya patah kaki saja ke Sungai Ciberang.

Jembatan gantung itu rusak karena dimakan usia dan terkena dampak bencana alam. Saat ini, jembatan yang mengalami kerusakan direnovasi secara bertahap, salah satunya oleh PT Chandra Asih Petrochemical yang membangun jembatan gantung di Desa Sukajaya, Kecamatan Sajira.

"Kami berharap perusahaan-perusahaan lainnya juga bisa membantu untuk membangun jembatan gantung itu," katanya menjelaskan.

Menurut Iti, saat ini, Kabupaten Lebak memiliki jumlah jembatan gantung terbanyak di Provinsi Banten. Sebab, Lebak memiliki tiga sistem sungai strategis nasional, seperti Sungai Ciliman-Cibungur, Sungai Cibaliung-Cisawarna dan Sungai Ciujung-Cidurian.

Jembatan gantung itu hampir semua terdapat di 28 kecamatan yang menghubungkan antarkampung maupun antardesa.

"Kami terus mengusulkan dana pembangunan jembatan gantung kepada pemerintah pusat juga pemerintah Provinsi Banten," kata dia.

VP Coorporate PT Chandra asih Petrochemical Suhatmyarso mengatakan bahwa pembangunan jembatan itu sangat penting sebagai media transportasi yang cepat dan aman sehingga masyarakat dapat melakukan berbagai kegiatan dengan baik dan lancar. Selain itu juga anak-anak pergi ke sekolah lebih aman ketika melintasi jembatan.

"Pembangunan jembatan itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya. [kdc]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

340 Unit Jembatan di Kabupaten Lebak Tidak Layak Dilintasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top