Selasa, 23 April 2019 |
News Room - Hukum

31 Komputer SMPN 19 Tangsel Digasak Maling, Pelaku Rusak CCTV

Jumat, 18 Jan 2019 | 14:01 WIB Dibaca: 638 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sebanyak 31 unit komputer di salah satu ruangan SMPN 19 di Jalan Widya Kencana, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) dicuri. Sejatinya, seluruh komputer itu akan digunakan para siswa saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2019.

Menurut Tenaga Administrasi SMPN 19, Muhamad Nurdin, pencurian diduga terjadi pada Rabu 16 Januari 2019 dini hari. Sejumlah CCTV dirusak para pelaku sebelum menggasak komputer di ruang laboratorium.

"Totalnya ada 31 unit yang dicuri, kalau dinilai mungkin angkanya bisa setara ratusan juta. Masih tersisa 20 unit di ruangan," katanya.

Para pelaku diduga mengendarai satu unit mobil untuk mengangkut hasil curiannya. Mereka leluasa beraksi setelah menjebol gembok gerbang sekolah serta merusak CCTV. Hal itu mengindikasikan pencuri telah memahami seluk-beluk sekolah.

Aksi kriminalitas itu sudah dilaporkan ke polisi.

Pencurian itu membuat pihak sekolah khawatir karena dalam waktu dekat para siswa akan melaksanakan UNBK. Bahkan akhir Januari dijadwalkan simulasi UNBK.

"Sebentar lagi mau simulasi, bingung juga mau seperti apa nanti," ujarnya.

SMPN 19 dijaga oleh seorang sekuriti saat siang, namun tanpa penjaga saat malam. Pihak sekolah hanya mengandalkan lingkungan sekitar yang sesekali memperhatikan gedung sekolah dari luar.

"Kalau malam enggak ada penjaganya," kata Nurdin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono mengaku prihatin atas pencurian itu. Dia mengklaim sistem keamanan sekolah sudah maksimal. Terlebih, komputer disimpan dalam ruangan khusus.

"Tapi ya ini di luar prediksi kita, kok sampai terjadi seperti itu. Sungguh saya sangat menyesalkan sekali," ucap Taryono.

Taryono memastikan pelaksanaan UNBK tak akan terganggu. Pihaknya siap meminjamkan komputer dari Dinas Pendidikan guna melengkapi komputer yang dicuri.

"InsyaAllah ada komputer cadangan dari dinas," tukasnya. [rpk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

31 Komputer SMPN 19 Tangsel Digasak Maling, Pelaku Rusak CCTV
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top