Kamis, 13 Agustus 2020 |
News Gallery

3 Waktu Ini Paling Utama Untuk Mendirikan Salat Tahajud

Minggu, 27 Mei 2018 | 03:04 WIB Dibaca: 562 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke sembilan bulan Ramadan. Di bulan yang penuh berkah, kemuliaan dan ampunan ini, umat muslim disarankan untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan dan beribadah lebih giat. Salah satu ibadah yang sebaiknya tak terlewatkan di bulan Ramadan adalah salat Tahajud.

"Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian panjang di malam hari." (QS. Al-Insaan, 25-26).

Sementara itu, di ayat yang lain Allah berfirman, "(Dan pada sebagian makam hari Salat Tahajudlah kamu." (QS. Al-Israa, 79). Dan Rasulullah SAW pun bersabda,

"Salat yang paling utama dikerjakan setelah salat wajib adalah salat yang dilakukan di malam hari."

Salat Tahajud menjadi salah satu salat sunah yang begitu dianjurkan karena ia memiliki banyak keutamaan. Adapun keutamaan dari Salat Tahajud antara lain adalah seperti diampuni segala dosa baik yang kecil maupun besar, dimudahkan rezekinya, dilapangkan kuburnya kelak, ditenangkan hati dan pikirannya serta masih banyak lagi.

Adapun waktu paling utama untuk mendirikan salat Tahajud ada 3 waktu. Waktu tersebut adalah sebagai berikut.

Sepertiga Malam Pertama

Waktu utama yang pertama untuk menunaikan salat tahajud adalah sepertiga malam pertama. Rentang waktunya adalah setelah waktu isya' hingga sekitar pukul 22:00 malam. Meski dikerjakan di waktu yang cukup sore, salat tahajud harus dikerjakan selepas tidur. Salat malam yang dikerjakan sebelum tidur hanya disebut sebagai salat malam, bukan salat Tahajud.

Seperti Malam Kedua

Untuk waktu kedua yang utama adalah rentang waktu pukul 22:00 hingga pukul 01:00 dini hari. Di saat banyak orang lain tertidur, mendirikan salat Tahajud di waktu ini akan mendatangkan banyak pahala. Doa-doa yang dipanjatkan pun akan pantang ditolak oleh Allah selama doa itu dipanjatkan dengan sungguh-sungguh, penuh ikhlasan serta ketulusan.

Seperti Malam Terakhir

Dibandingkan dengan waktu di sepertiga malam pertama dan kedua, sepertiga malam terakhir dikatakan adalah waktu paling utama. Waktu ini adalah rentang pukul 01:00 hingga menjelang subuh. Dalam hadist riwayat Bukhari dan Imam Muslim, disebutkan bahwa

"Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Alla) pun berkata, "Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang ia minta. Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya. Adakah hamba-Ku yang istighfar, akan aku ampuni dosa-dosanya."

Itulah waktu-waktu utama mendirikan salah Tahajud. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan yang rajin mendirikan salat Tahajud dan menunaikan perintah agama serta menjauhi laranganNya. Marhaban ya Ramadan, perbanyaklah Tahajud dan raihlah segudang keberkahan dariNya. [vml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

3 Waktu Ini Paling Utama Untuk Mendirikan Salat Tahajud

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top