Sabtu, 31 Oktober 2020 |
News Room

3 Pegawai Pajak di 'Seret' ke Persidangan terkait Kasus Suap

Jumat, 31 Jan 2020 | 13:58 WIB Dibaca: 330 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Tiga pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) akan segera diadili terkait kasus dugaan suap restitusi pajak PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) tahun 2015 dan 2016.

Ketiganya yakni, Kepala‎ Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing 3, Kanwil Jakarta Khusus, Yul Dirga; Ketua Tim Pemeriksa Pajak PT WAE, Jumari; dan anggota Tim Pemeriksa Pajak PT WAE, M Naim Fahmi.

Ketiganya akan segera disidang terkait kasus suapnya sejalan dengan telah dirampungkan berkas penyidikan kasus dugaan suap restitusi pajak PT WAE. Penyidik KPK telah merampungkan dan melimpahkan beekas penyidikan ke tahap II atau penuntutan.

"Telah dilakukan penyerahan dari penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum atau tahap II," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (31/1/2020).

Dengan adanya pelimpahan berkas penyidikan itu, tim Jaksa KPK memiliki waktu 14 hari kerja untuk menyusun surat dakwaan terhadap ketiganya. Nantinya, surat dakwaan itu akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta untuk segera disidangkan.

"Persidangan rencananya akan digelar di PN Tipikor Jakarta Pusat," kata Ali.

Sekadar informasi, KPK menetapkan lima tersangka terkait ‎kasus dugaan suap terkait pemeriksaan restitusi pajak PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) tahun 2015 dan 2016. Selain Yul Dirga, Jumari, dan M Naim Fahmi yang ditetapkan sebagai tersangka penerima suap, KPK juga menjerat Komisaris Utama PT WAE, Darwin Maspolim, serta Supervisor Tim Pemeriksa Pajak PT WAE di Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing, Hadi Sutrisno.

Dalam kasus ini, Darwin diduga memberikan suap sebesar Rp1,8 miliar kepada Yul, Hadi, Jumari, dan Naim. Suap itu diberikan agar keempat pejabat Pajak tersebur menyetujui pengajuan restitusi pajak PT WAE tahun pajak 2015 sebesar Rp5,03 miliar dan tahun pajak 2016 sebesar Rp2,7 miliar.

PT WAE merupakan perusahaan penanaman modal asing yang menjalankan bisnis sebagai diler dan pengelola layanan sales, services, spare part, dan body paint untuk mobil merk Jaguar, Bentley, Land Rover, dan Mazda. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

3 Pegawai Pajak di 'Seret' ke Persidangan terkait Kasus Suap
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top