Minggu, 27 Mei 2018 |
Kesehatan - News Gallery

3 Jenis Pengobatan Gagal Ginjal yang Umum Dilakukan

Selasa, 05 Sept 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 700 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Salah satu jenis penyakit kronik yang menakutkan adalah Penyakit Ginjal Kronik (PGK). Penderita cukup sulit terdeteksi pada fase-fase awal sakit, sehingga kadang sudah dalam stadium lanjut 3-4 baru diketahui bahwa seseorang menderita gagal ginjal.

Karena karakteristiknya itu maka banyak yang menjuluki gagal ginjal dengan the silent disease.

Mengapa bisa demikian? Sebab apabila ginjal seseorang mengalami kerusakan maka tidak ada gejala jelas yang bakal tampak. Tak heran jika seseorang tidak mengetahui penyakitnya kecuali sudah terjadi penurunan fungsi ginjal.

Menurut ketua Perhimpunan Nefroligi Indonesia Dr Tunggal Situmorang SpPD-KGH, umumnya ada tiga jenis pengobatan penyakit gagal ginjal kronik yang akan dilakukan. Berikut ini informasinya:

Peritoneal Dialisis (Cuci Darah)

Anda mungkin paling sering mendengar istilah cuci darah. Ini adalah salah satu cara untuk mengatasi gagal ginjal yang sudah kronik. Dengan cuci darah maka zat sisa dan kotoran dalam darah yang tak dapat dibersihkan oleh ginjal, akan disaring menggunakan membran peritoneal. Prosedurnya dengan pembedahan rongga perut.

Hemodialisis

Memakai mesin, darah dibersihkan dengan filter buatan pada mesin. Untuk itu maka vaskuler akan dibedah dan dikeluarkan, lalu setelah bersih maka dikembalikan lagi dalam tubuh. Ada dua jarum yang akan ditusukkan ke vaskuler, yakni untuk darah keluar yang akan masuk ke mesin dan untuk darah masuk lagi dalam tubuh.

Transplantasi Ginjal

Pihak medis menyebut bahwa ini adalah jenis pengobatan paling ideal, untuk mengganti ginjal yang sudah rusak dengan yang lebih sehat. Akan tetapi biayanya pun paling mahal, dan Anda harus mencari orang yang mau memberikan ginjalnya untuk menggantikan ginjal Anda yang rusak. Selain itu, harus ada kecocokan golongan darah dan berbagai faktor lain yang perlu dikonsultasikan dengan dokter ahli.

Karena sulitnya pengobatan penyakit tersebut, maka selagi sehat jagalah kondisi ginjal Anda dengan tidak mengonsumsi minuman yang banyak mengandung zat kimia dan pengawet buatan. Minumlah air putih atau minuman yang alami saja. Semoga bermanfaat. [sdm]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

3 Jenis Pengobatan Gagal Ginjal yang Umum Dilakukan
POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top