Rabu, 12 Desember 2018 |
Kesehatan - News Gallery

3 Cara Menyembuhkan Asam Lambung

Sabtu, 27 Jan 2018 | 01:04 WIB Dibaca: 3945 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Penyakit asam lambung atau GERD (gasteoesophageal reflux disease) merupakan penyakit yang disebabkan karena jumlah asam lambung yang berlebih.

Kelebihan asam tersebut merembes ke esofagus lalu mengakibatkan nyeri dan berbagai masalah kesehatan lainnya yang bisa membahayakan. Jika Anda sering merasakan nyeri lambung lebih dari satu kali per minggu nya, mungkin Anda menderita asam lambung.

Jika benar Anda menderita asam lambung, tentu Anda harus mengobatinya. Guna mencegah kondisi yang lebih serius. Nah berikut merupakan 3 Cara Menyembuhkan Asam Lambung.

1. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet setelah makan bisa membantu tubuh Anda mencerna makanan. Mengapa bisa begitu? Dengan mengunyah permen karet, mulut Anda akan menghasilkan lebih banyak air liur.

Hal ini membantu menetralisir asam lambung. Namun Anda harus memilih permen karet yang bebas gula guna menghindari mengkonsumsi kalori tambahan dan menghindari kerusakan gigi.

2. Gunakan soda kue

Soda kue atau sodium bikarbonat bisa berfungsi sebagai anti asam yang bisa menetralisir asam lambung. Cara menggunakan soda kue sebagai obat asam lambung cukup mudah.

Caranya, aduk 1/2 sampai 1 sendok teh soda kue di dalam segelas air kemudian minum. Anda bisa melakukannya sekali tiap 2 jam untuk mengurangi asam lambung.

Soda kue juga ternyata sudah tersedia dalam bentuk pil atau kapsul di apotek melalui resep dokter. Jika Anda ingin menyembuhkan asam lambung dengan soda kue, bisa konsultasi terlebih dahulu pada dokter terkait dosis yang tepat.

3. Mengonsumsi jus lidah buaya

Meski penelitian tentang jus lidah buaya untuk asam lambung ini belum terlalu banyak, namun sejumlah studi mengklaim bahwa mengonsumsi 1/2 cangkir jus lidah buaya bisa menghentikan peradangan di esofagus.

Pastikan Anda mengonsumsinya dalam kondisi dingin sebelum makan. Disamping itu, lidah buaya juga mempunyai sifat laksatif yang bisa memperlancar buang air besar. Namun jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan diare dan juga kekurangan cairan. Jadi, persiapkan diri dan dosis yang tepat sebelum mengonsumsi jus lidah buaya ini. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Awas Bahaya Mengintai dari Asap Vape
Minggu, 09 Des 2018 | 01:03 WIB
Awas Bahaya Mengintai dari Asap Vape
5 Trik Atasi Radang Kulit di Musim Hujan
Minggu, 09 Des 2018 | 00:03 WIB
5 Trik Atasi Radang Kulit di Musim Hujan

KOMENTAR

3 Cara Menyembuhkan Asam Lambung

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top