Jumat, 20 Juli 2018 |
News Room

3.000 Peserta Tari Kolosal dan Debus Banten Pecahkan Rekor Muri

Minggu, 19 Nov 2017 | 13:16 WIB Dibaca: 837 Pengunjung

Penampilan 3.000 peserta Tari Kolosal dari perguruan silat di Banten pada acara Tapak Karuhun Banten di Alun-alun Kota Serang, Minggu (19/11/2017).

SERANG, [NEWSmedia] - Tari Kolosal dan Debus Banten berhasil memecahkan Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) dengan menampilkan 3.000 peserta dari berbagai perguruan silat di Banten pada acara Tapak Karuhun Banten di Alun-alun Kota Serang,  Minggu (19/11/2017).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten, Deden Apriandhi mengatakan, saat ini, pihaknya telah mendata, ada sekitar 120 peguron (perguruan silat) yang terdaftar di Provinsi Banten.

"Dan masih banyak yang belum terdaftar, hampir ratusan peguron. Kegiatan ini akan berkesinambungan setiap tahun, sehingga Banten di kenal jawaranya ini di kenalkan budaya yang positif dari arti Jawara itu sendiri," kata Deden kepada awak media.

Sementara itu, Gubernur Banten, Wahidin Halim menjelaskan, dengan diraihnya Rekor Muri tersebut, merupakan bagian dari kebangkitan dunia persilatan dan debus Banten yang pernah berjaya sampai tingkat nasional dan bahkan internasional

"Rekor Muri ini menunjukan kepada dunia bahwa persilatan dan debus masih ada dan eksis di Provinsi Banten," kata Wahidin kepada awak media.

Wahidin menegaskan, ulama dan pendekar merupakan salah satu komponen yang berani membebaskan Republik Indonesia dari penjajah dan sebagai pahlawan yang membela kebenaran.

"Dari dulu pejuang-pejuang kemerdekaan Indonesia diisi oleh para pendekar dan llama, begitu juga dengan di Banten yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

3.000 Peserta Tari Kolosal dan Debus Banten Pecahkan Rekor Muri
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top