Minggu, 07 Maret 2021 |
News Room - Peristiwa

295 Kepala Keluarga di Padarincang Kabupaten Serang Terisolasi Banjir

Senin, 05 Des 2016 | 16:16 WIB Dibaca: 1381 Pengunjung

Permukiman warga di Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang terendam banjir sejak Sabtu (3/12/2016) malam.*

SERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak 295 rumah warga di Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, terendam banjir sejak dua hari. Banjir disebabkan karena melupanya Sungai Cikalumpang yang mengalir dari daerah Pandeglang.

Sekretaris Desa Citasuk, Suminta mengungkapkan,  ada sekitar 1.650 jiwa yang terisolasi akibat banjir yang melanda di daerah tersebut.

“Ada penyumbatan sehingga mengakibatkan sampah menumpuk, makanya air sungai luber ke rumah warga,” kata Suminta saat meninjau banjir, Senin (5/12/2016).

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) Kabupaten Serang sudah turun ke lokasi, membantu warga dan melakukan evakuasi.

“Kami menerjunkan anggota TRC (tim reaksi cepat), untuk melakukan evakuasi dan pendataan di lapangan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana yang juga ditemui di lokasi.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Serang, Damami Mukhriji mengatakan, banjir tersebut meupakan banjir langganan yang sering terjadi di daerah tersebut.

“Tahun 2010 banjir paling besar. Kalau ini sejak malam Sabtu udah meluap. Ketinggian air mencapai dua meter, tapi alhamdulillah sekarang mulai surut dan mudah-mudahan kalau cuaca enggak ekstrem, tidak ada bencana lagi,” kata Damami.

Anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar ini juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Serang untuk menangani banjir yang menjadi langganan di daerah ini.

“Sungai Cikalumpang itu kewenangan provinsi, saya bersama bupati sudah mendorong itu. Sementara rawa danau, kewenangannya punya pusat. Kalau tanpa izin melakukan normalisasi, masyarakat akan kena sanksi,” terangnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

295 Kepala Keluarga di Padarincang Kabupaten Serang Terisolasi Banjir
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top