Minggu, 20 September 2020 |
News Room - Pariwisata

29 April Event ‘Sail to Krakatau’ Digelar, Nyesel Kalau Gak Ikut!

Sabtu, 17 Mar 2018 | 09:14 WIB Dibaca: 1150 Pengunjung

Peserta 'Sail to Krakatau' pada tahun 2017. (Ist)

CILEGON, [NEWSmedia] - Event wisata bahari ‘Sail to Krakatau’ kembali diselenggarakan. Kali ini, acara digelar, Minggu, 29 April 2018 dan panitia menargetkan sebanyak 1.800 orang ikut dalam pelayaran melihat keindahan Gunung Anak Krakatau (GAK).

“Untuk tahun ini panitia menargetkan sebanyak 1.800 peserta, dan (event) ini diharapkan memberikan ampak positif bagi pariwisata di Kota Cilegon,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Cilegon As'ad Syukri saat melaunching event ‘Sail to Krakatau 2018 di Hotel Royal Krakatau, Kota Cilegon, Kamis, (15/3/2018).

As’ad mengatakan, event yang diselenggarakan sejak 2016 ini adalah kegiatan non-APBD dan melibatkan pihak swasta. Namun Pemerintah Kota Cilegon mendukung penyelenggaraan event wisata bahari ini.

“Kita bantu dan dukung sepenuhnya, bahkan dari pihak ASDP Merak, TNI AL, pihak swasta men-support kegiatan ini, karena kegiatan ini bagus untuk mengenalkan wisata Gunung Krakatau ke wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Panitia penyelenggaran ‘Sail to Krakatau’, Ahmad Asrori mengatakan, perjalanan menuju Gunung Anak Krakatau menggunakan kapal ferry milik PT ASDP Indonesia Ferry. Peserta akan berangkat dari Dermaga IV Pelabuhan Merak, Banten, Minggu pagi (29/4/2017) sekitar pukul 09.00 WIB.

Perjalanan menuju Gunung Anak Krakatau (GAK) dari Pelabuhan Penyeberangan Merak diperkirakan akan memakan waktu sekitar tiga jam. Selama perjalanan di atas kapal, para peserta ‘Sail to Krakatau’ akan disuguhi berbagai macam acara, mulai dari live music, pentas budaya hingga bazaar makanan tradisional khas Cilegon.

Di lokasi yang dituju, para wisatawan akan melihat langsung keindahan Gunung Anak Krakatau (GAK) dan deretan pulau kecil yang berada di sekitarnya. Di sini akan ada panitia yang menjadi tour guide menceritakan sejarah Gunung Anak Krakatau dan sejarah meletusnya Gunung Krakatau.

Setelah itu, menjelang sore sambil perjalanan pulang, wisatawan bisa melihat matahari terbenam (sunset) di atas kapal. Kemudian dalam perjalanan pulang pulang itu, wisatawan akan diajak menyusuri perairan melihat kerlap-kerlip lampu industri yang berada di sepanjang pantai Anyer-Merak.

Ahmad Asrori berharap wisatawan yang ikuti dalam event ‘Sail to Krakatau’ tahun ini bisa lebih banyak lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menurutnya, event ini juga menjadi edukasi bagi wisatawan yang melihat langsung napak tilas letusan Gunung Krakatau.

Adapun untuk tiket ‘Sail to Krakatau’, panitia menyiapkan beberapa jenis. Untuk kelas ekonomi, harga tiketnya Rp150 ribu (untuk pre-sale mulai dari 15 Maret s.d 8 April 2018). Lewat tanggal itu, harga tiket dijual Rp175 ribu.

Sedangkan untuk kelas Business I dan Busines II serta VVIP dikenakan harga masing-masing Rp250 ribu dan Rp300 ribu serta Rp500 ribu. “Semua pembelian tiket sudah termasuk dengan asuransi, kecuali kelas bisnis satu dan bisnis dua, itu ada tambahan cafe dan roti," katanya Asrori. [firman]

Penulis: Firman Arief
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

29 April Event ‘Sail to Krakatau’ Digelar, Nyesel Kalau Gak Ikut!

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top