Senin, 23 September 2019 |
News Room - Kesehatan

240 Ribu Peserta BPJS Kesehatan di Banten Dinonaktifkan, Cek Datanya di Dinsos!

Jumat, 16 Agt 2019 | 17:13 WIB Dibaca: 277 Pengunjung

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalbar dan Lampung Fachrurrazi saat ditemui di Kota Serang, Jumat (16/8/2019).*

SERANG, [NEWSmedia]  - Sebanyak 240 ribu lebih peserta BPJS Kesehatan di Wilayah Banten dinonaktifkan melalui Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor 79 Tahun 2019.

Surat keputusan tersebut berisi tentang Penonaktifan dan Perubahan Data Peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Tahun 2019 Tahap Keenam, per 1 Agustus 2019.

Akibatnya, 5,2 juta peserta BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia tidak lagi terdaftar menjadi Penerima Bantuan luran (PBI) Jaminan Kesehatan, termasuk 240 ribu lebih di antaranya berasal dari wilayah Banten.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalbar dan Lampung, Fachrurrazi mengatakan, ada beberapa penyebab kepesertaan BPJS Kesehatan seseorang dinonaktifkan, salah satunya meninggal dunia.

"Dinonaktifkan itu ada beberapa sebab, meninggal, data ganda, berubah segmen status kepesertaannya (dari yang tidak mampu ke pekerja), sehingga stastu kepesertaannya berubah dibiayai oleh tempatnya bekerja, atau tidak ada NIK nya, itu dinon aktifkan, kita sekarang menggunakan basis data dari NIK," kata Fachrurrazi saat ditemui di Kota Serang, Jumat (16/8/2019).

Meski demikian, lanjut Fachrurrazi, pihaknya meminta kepada seluruh peserta PBI BPJS Kesehatan untuk proaktif mengecek status kepesertaannya di Dinas Sosial setempat.

"Untuk mengetahui apakah seorang peserta termasuk masih berstatus peserta PBI atau bukan, yang bersangkutan dapat menghubungi Dinas Sosial kabupaten kota atau Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat," jelasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, penonaktifan dan perubahan peserta PBI tersebut tidak akan mengubah jumlah peserta PBI APBN tahun 2019 yang jumlahnya secara nasional mencapai 96,8 juta jiwa.

“BPJS Kesehatan akan turut melakukan sosialisasi masif untuk memastikan peserta PBI yang dinonaktifkan mengetahui informasi tersebut dan paham apa yang harus dilakukan agar tetap bisa mendapat jaminan layanan kesehatan,” pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

240 Ribu Peserta BPJS Kesehatan di Banten Dinonaktifkan, Cek Datanya di Dinsos!

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top