Minggu, 25 Februari 2018 |
News Gallery - Newstainment

20 Tahun 'Titanic', James Cameron Ungkap Alasan Karakter Jack Dawson Harus Mati

Selasa, 28 Nov 2017 | 19:00 WIB Dibaca: 225 Pengunjung

James Cameron.*

[NEWSmedia] - Dua puluh tahun sudah berlalu sejak "Titanic" pertama kali dirilis pada 1997 silam. Meski begitu, sampai sekarang film yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet itu masih demikian fenomenal. 

Seperti belum lama ini, Paramount Pictures bahkan menayangkan kembali "Titanic" di Dolby Cinema AMC Amerika Serikat selama satu pekan. Tak cukup sampai di situ, mulai 1 Desember mendatang, film tersebut juga dapat disaksikan dalam bentuk 3D di 20 lokasi yang sudah ditentukan. 

Lebih dari itu, sang sutradara, James Cameron belakangan juga ikut merayakan 20 tahun "Titanic". Dalam sebuah kesempatan, ia membeberkan alasan kenapa karakter Jack Dawson yang diperankan DiCaprio harus dimatikan. 

Ya, penggemar tentu masih ingat adegan Jack meninggal dalam kondisi hipotermia karena tetap berada di air sementara menyelematkan Rose (Kate Winslet). "Jawabannya sederhana, karena di halaman 147 pada naskah disebutkan Jack meninggal," kata James Cameron. 

"Sangat sederhana. Itu jelas adalah pilihan yang sangat artistik. Benda itu cukup besar untuk menahannya (Rose), tapi tidak cukup jika dia (Jack) naik," terangnya lagi. "Menurutku ini semua konyol, sungguh, bahwa kita mendiskusikan ini 20 tahun kemudian. Tapi itu menunjukkan bahwa filmnya sangat efektif membuat Jack sangat disukai penonton, sehingga menyakitkan bagi mereka melihatnya meninggal." 

Tak cukup sampai di situ, alasan lain menurut James Cameron adalah karena film "Titanic" sendiri adalah tentang kematian dan perpisahan. Jadi tidak akan ada artinya jika Jack bisa bertahan hidup. 

"Film itu ttentang kematian dan perpisahan, dia memang harus mati," tutup James Cameron. "Jadi apapun yang terjadi, entah cerobong asap menimpanya, dia akan jatuh. Itu yang disebut seni, semua yang terjadi karena alasan artistik, bukan alasan fisika." [wk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

20 Tahun 'Titanic', James Cameron Ungkap Alasan Karakter Jack Dawson Harus Mati

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top