Kamis, 23 November 2017 |
News Room - Ekonomi

2 Golongan Masyarakat yang Bisa Nikmati Elpiji 3 Kg Harga Subsidi

Minggu, 08 Okt 2017 | 07:02 WIB Dibaca: 318 Pengunjung

Pedagang eceran gas elpiji tiga kg saat berada di agen elpiji di Karet Kuningan.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Pemerintah berencana menyalurkan subsidi langsung Elpiji 3 kilogram ?(kg). Hal ini bertujuan agar subsidi dinikmati pihak yang tepat, yaitu masyarakat miskin dan pengusaha mikro.

External Communication Manager PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita mengatakan, ada rencana perubahan mekanisme penyaluran subsidi dari subsidi barang menjadi langsung ke pihak yang mendapatkan.

Dengan begitu, biasanya subsidi diberikan pada setiap tabung Elpiji 3 kg yang beredar seperti saat ini, diubah penyalurannya langsung kepihak yang menerima.

"Yang perlu jadi perhatian, memang Elpiji 3 kg kebijakannya akan diubah. Ini hanya untuk yang membutuhkan. ?Jadi subsidi tidak lagi ke produk, tapi ke penerima manfaat, yaitu segmen rumah tangga miskin dan usaha mikro," kata Arya, Jakarta, Sabtu (7/10/2017).

Saat ini ada 50 juta rumah tangga di Indonesia dan yang masuk dalam kategori miskin ada 26 juta. Artinya, di luar dari angka 26 juta tersebut adalah penduduk mampu yang tidak berhak menikmati subsidi Elpiji.

Dia menjelaskan, pihak yang masuk dalam rumah tangga miskin bisa ditinjau dari beberapa acuan, yaitu pendapatannya di bawah Rp 350 ribu per bulan per kapita, dinding dan lantai rumahnya ?tidak permanen.

"Di Indonesia, angkanya 26 juta rumah tangga miskin inilah yang berhak untuk menggunakan paket Elpiji 3 kg harga subsidi. Sisanya ini yang tidak berhak menggunakan Elpiji berubsidi," papar Arya.

Untuk pihak yang berhak menikmati subsidi Elpiji lain adalah pengusaha mikro. Pengusaha masuk dalam kategori ini adalah yang tingkat pendidikannya relatif rendah, jumlah pekerja kurang dari 10 orang, dari sisi aset Rp 50 juta, dengan omzet maksimal Rp 300 juta per tahun.

"Usaha mikro menjadi sasaran penerima subsidi Elpiji, karena usaha mikro sulit mendapat akses perbankan," ucap Arya. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

2 Golongan Masyarakat yang Bisa Nikmati Elpiji 3 Kg Harga Subsidi

BERITA TERKAIT

Top