Jumat, 29 Mei 2020 |
Pariwisata - News Gallery

2 Event Internasional di Danau Toba Akan Pamerkan Kebudayaan Batak

Selasa, 21 Agt 2018 | 16:03 WIB Dibaca: 385 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Dua event bertaraf internasional akan digelar di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatra Utara. Kedua event tersebut yakni gelaran seni Samosir Music International (SMI) dan olahraga bersepeda Grand Fondo New York (GFNY). 

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, salah satu event SMI nantinya akan memperkenalkan budaya etnis batak kepada dunia internasional. Event SMI akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Agustus 2018 bertempat di Open Stage Tuk Tuk Siadong Samosir.

"Kami ingin menunjukkan pada Indonesia juga pada dunia internasional bahwa nilai Habatakon dapat dikemas apik dan manis dengan musik. Musik adalah bahasa universal. Melalui musik kami ingin memperkenalkan budaya kami kepada masyarakat luas supaya bisa dinikmati, dan dipromosikan menjadi daya tarik lokal berkelas internasional” kata Rapidin di Medan, Senin 20 Agustus 2018. 

Kedua event terbesar dan berkelas internasional itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing, serta domestik yang hadir di Pulau Samosir selama bulan Agustus dan September. Event SMI dan GFNY tahun 2018 sama-sama memasuki tahun pelaksanaan ke empat kalinya di Samosir. Pada tahun 2017, event dengan judul yang sama mampu menyedot sekitar 30 ribu penonton dan 10 persennya adalah wisatawan asing. 

"Dukungan penuh kami berikan untuk kemajuan pariwisata Samosir khususnya Danau Toba, sehingga target kunjungan wisatawan mancanegara meningkat di tahun 2018. Kami mengharapkan dukungan dan peran aktif dari semua pihak yang terlibat," ucap Rapidin. 

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Arie Prasetyo menuturkan, event ini menjadi momentum yang sangat baik bagi pariwisata di Danau Toba. Kedua event tersebut diharapkan mampu mendatangkan lebih kurang 10.000 pengunjung sampai pertengahan September di kawasan Danau Toba. 

"Event GFNY di Samosir sangat berpotensi untuk mencuri perhatian pecinta road bike, karena destinasinya yang cantik, dikelilingi oleh Danau Toba, perbukitan hijau dan sawah membentang. Sisi hobi olahraga dan traveling-nya terpenuhi," ujar Arie. 

Untuk diketahui event SMI masuk dalam Calender of Event Horas Samosir Fiesta. Nantinya event SMI dihadiri berbagai musisi lintas negara, seperti Herman Delago, Nadine Beiler, dan JB’S Band dari Austria. Lalu, Bernadeta Astari asal Belanda. Nantinya mereka akan berkolaborasi dengan sederet artis tanah air, seperti pianis Yosephine Madju, Viky Sianipar, Alsant Nababan, Louis Sitanggang, Tongam Sirait, Jajabi Band, Boraspati Group dan Halak Hita Group.

Sedangkan event olahraga GFNY Championship Asia akan berlangsung tanggal 2 September 2018 mulai pukul 06.30 WIB di Tuk Tuk Siadong Samosir. Saat ini sudah 700 orang yang sudah mendaftar event olahraga bersepeda bertaraf internasional. Diharapkan pada event GFNY bisa diikuti seribu-an pesepeda dari berbagai negara.  [viva] 

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Destinasi Solo Traveling Terbaik di Tahun 2020
Jumat, 17 Jan 2020 | 18:15 WIB
Destinasi Solo Traveling Terbaik di Tahun 2020
Situs Banten Girang Perlu Perhatian
Kamis, 26 Des 2019 | 17:21 WIB
Situs Banten Girang Perlu Perhatian

KOMENTAR

2 Event Internasional di Danau Toba Akan Pamerkan Kebudayaan Batak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top