Rabu, 01 April 2020 |
News Room

19 KA Dibatalkan Imbas Corona, Pembatalan Tiket Bisa Dilakukan Secara Online

Rabu, 25 Mar 2020 | 13:56 WIB Dibaca: 206 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sejak Senin 23 Maret 2020, PT Kereta Api Indonesia melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, tercatat 19 kerangkatan Kereta Api yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan 23 Maret hingga1 April 2020. Ia menyebut, kereta api yang dibatalkan yang operasional perjalanannya berdekatan, sehingga calon penumpang memiliki pilihan KA lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan.

"Jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100%," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).

Eva menambahkan, pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat corona, yakni 23 Maret - 29 Mei 2020.

"Secara total terhitung sejak 1 maret 2020 hingga kini sekitar 71 ribu tiket untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari kedepan telah dilakukan proses pembatalan baik melalui loket stasiun dan jalur online," katanya.

Ia menyatakan, dalam menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, terutama di dua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh, Stasiun Gambir dan Pasar Senen, bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

"Meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access, terpenting nomor identitas yang di daftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket. Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking," katanya.

Menurut dia, yang perlu diperhatikan, calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%.

"Bagi pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut. Jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun," ucapnya.

Ia mengaku pihaknya tetap melayani pembatalan tiket melalui metode tatap muka. Di mana ada delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh.

"Masing-masing stasiun memiliki 3 loket untuk melayani pembatalan tiket. Bahkan, guna menghindari antrean, khusus di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, ditambah menjadi 5 loket layanan pembatalan tiket," kata dia.

Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu):

1. Stasiun Gambir: Pukul 07.00 - 22.00 WIB

2. Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 - 22.00 WIB

3. Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 - 19.00 WIB

4. Stasiun Bogor: Pukul 09.00 - 16.00 WIB

5. Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 - 22.00

6. Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 - 16.00 WIB

7. Stasiun Serang: Pukul 09.00 - 19.00 WIB

8. Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 - 22.00 WIB [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

19 KA Dibatalkan Imbas Corona, Pembatalan Tiket Bisa Dilakukan Secara Online
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top