Sabtu, 27 Februari 2021 |
News Room

18 Tahun Menunggu, Interchange Cikande Akhirnya Diresmikan

Rabu, 02 Mei 2018 | 10:39 WIB Dibaca: 732 Pengunjung

Peresmian interchange yang berada di Desa Julang, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Rabu (2/5/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Jalan simpang sususun atau interchange Cikande yang berada di Desa Julang, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang secara resmi dibuka, Rabu (2/5/2018).

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, jalan simpang susun tersebut dapat direalisasikan setelah menunggu selama delapan belas tahun, sebab menurutnya, gagasan simpang susun Cikande itu tercetus ketika awal berdirinya Provinsi Banten dan Pemekaran Kota Cilegon yang membuat industri terambil dari Kabupaten Serang.

"Oleh sebab itu pihak Pemprov, Pemkab dan pengusaha bersepakat membangun simpang susun untuk mengatasi kemacetan di Cikande dan Kragilan. Ini sangat diperlukan oleh masyarakat di sekitarnya," kata Tatu dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, seiring berjalannya waktu, Pemprov Banten melakukan pembebasan lahan dimulai tahun 2007 dan 2010. Kemudian, pihaknya sepakat interchange tersebut masuk ke dalam skala prioritas dan dimasukan pada RPJMD Kabupaten Serang.

"Kami melanjutkan komunikasi dan pembangunan dimulai 2014 tahap pertama dan tahap kedua pada 2016. Anggaran dilanjutkan Pemprov dan Pemkab," jelasnya.

BACA JUGA: Rabu, Interchange Cikande Mulai Beroperasi

Sementara itu, Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS), Kris Ade Sudiyono mengatakan, mimpi untuk merealisasikan interchange dengan model sinergi akhirnya bisa direalisasikan, dengan demikian, pihaknya akan melakukan perencanaan simpang susun Cikande tersebut untuk jangka panjang di daerah lain.

"Model sinergi bisa dikembangkan untuk merealisasikan simpang susun di daerah lain, yang mungkin untuk mengembangkan ekonomi," terang dia saat sambutan, Rabu (2/5/18).

Selain itu, ia juga menegaskan, simpang susun Cikande yang memiliki panjang 1,3 Km tersebut dilengkapi dengan sebuah alat weight In Motion untuk mengukur kendaraan yang mengalami overloading.

"Alat ini dipasang di gerbang tol lainnya, supaya bisa memelihara dan mengoperasikan jalan tol dalam kondisi terawat dengan baik," pungkasnya. [CR]

Penulis: Anton
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

18 Tahun Menunggu, Interchange Cikande Akhirnya Diresmikan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top