Jumat, 03 April 2020 |
News Room

17 Komoditas Pangan Unggulan Pandeglang Diusulkan Tersertifikasi

Senin, 10 Sept 2018 | 19:41 WIB Dibaca: 692 Pengunjung

Penandatangan dokumen pendaftaran variatas lokal Pandeglang di Gedung Garuda, Kabupaten Pandeglang, Senin (10/9/2018).*

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang mengusulkan 17 komoditas holtikultura dan komoditas pangan unggulan untuk mendapat sertifikat dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Badan Litbang Kementerian Pertanian RI.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Budi Januardi mengatakan, ada tiga komoditas hortikultura dan satu komoditas pangan yang akan disertifikasi tersebut.

"Untuk komoditas horti meliputi durian si bintang, durian top 1, baranjang, durian si kucing, ketan jaya dari Cadasari, petai jolongan dari Kaduhejo dan jengkol belo dari Majasari dan untuk komoditas pangannya yang didaftarkan yaitu padi carogol, ketan putri, beurem saetik dan ketan bahung serta yang lainya,” kata Budi setelah penandatangan dokumen pendaftaran variatas lokal Pandeglang di gedung Garuda, Senin (10/9/2018).

Ia menjelaskan, saat ini kurang lebih 17 jenis komoditas hortikultura dan pangan yang sedang diproses pendaftaran untuk penerbitan sertifikatnya.

“Nantinya komoditas unggulan kita memiliki hak paten dan tidak diklaim oleh daerah lain”, jelasnya.

Sementara itu Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten, Amirrudin Pohan mengaku pihaknya akan mendukung terhadap usulan Pemkab Pandeglang dalam upaya menyelamatkan komoditas pangan lokal, dengan demikian, pihaknya terus berkoordinasi dan melakukan penelitian di lapangan serta melakukan identifikasi karakterisasi sebagai suatu persyaratan agar dapat didaftarkan.

"Potensi sumber daya genetik lokal di Kabupaten Pandeglang baik tanaman hortikultura dan tanaman pangan cukup tinggi. BPTP mendukung Pemkab Pandeglang melakukan upaya penyelamatan komoditas pangan lokal," kata Amir

Di tempat yang sama, Bupati Pandeglang, Irna Narulita Bupati mengaku, komoditas pangan lokal di Pandeglang memang memiliki potensi yang besar, sehingga potensi ini dapat dikembangkan untuk terus melestarikan tanaman lokal dan swasembada pangan yang berkelanjutan.

"Oleh karena itu komoditas pangan lokal yang didaftarkan nantinya memiliki sertifikat tentunya akan menambah nilai jual lebih tinggi, mudah-mudahan dapat memberikan dampak besar pada kesejahteraan para petani," tutupnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

17 Komoditas Pangan Unggulan Pandeglang Diusulkan Tersertifikasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top