Jumat, 30 Oktober 2020 |
Highlight - News Community

150 Kader NU Banten Di-‘Charge’ Selama Tiga Hari di Kegiatan PKP

Sabtu, 19 Agt 2017 | 08:19 WIB Dibaca: 958 Pengunjung

Para kader NU mendengarkan tausiyah KH Abuya Muhtadi dalam kegiatan Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKP-NU) di Gedung PWNU Banten, Kota Serang, Jumat (18/8/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Banten menggelar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKP-NU) selama tiga hari, mulai Jumat (18/8/2017) hingga Minggu (20/8/2017). Pengkaderan ini sebagai kegiatan formal yang wajib diikuti oleh seluruh kader NU.

“Ini angkatan yang pertama, dan Alhamdulillah diikuti oleh 150 peserta dari berbagai penjuru di Provinsi Banten," kata Ketua PWNU Provinsi Banten, Sholeh Hidayat saat membuka acara di Gedung PWNU Banten, Kemang-Penancangan, Kota Serang, Jumat (18/8/2017).

Sholeh mengatakan, kegiatan kaderisasi NU ini dilakukan secara bertahap sehingga seluruh kader NU wajib mengikuti kegiatan tersebut. Ia mengharapkan kepada kader NU agar bisa mengambil peran penting dalam aktivitas apapun, khususnya di Banten dan umunya bagi keutuhan NKRI.

“Saya optimis kader yang sudah lunas dilatih selama tiga hari ke depan, akan menjadi kader yang memiliki kredibilitas sebagai warga negara yang berkarakter dan berkepribadian manusia Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) As'ad Said Ali mengatakan, jika diibaratkan dengan batu baterai, PKP-NU merupakan sebuah proses recharging bagi kader NU.

“Ini ibarat baterai di-charge di tengah situasi yang dinamas ini. Yang dihadapi kita tahun ini berbeda dengan yang dulu, sekarang masuk era globalisasi, ada pengaruh luar yang kuat masuk ke Indonesia. Kader NU ini harus bisa menyaring antara yang baik dan yang buruk,” kata As'ad.

Ia berharap, meski banyak budaya luar yang masuk ke Indonesia, kader NU harus tetap bertahan pada budaya dan tradisi keagamaan Indonesia yang telah lama dipupuk oleh para ulama terdahulu.

“Kaderisasi ini bagian dari memperkuat dan menghalang negara dari ideologi negatif juga untuk memperkuat ideologi NU sendiri. Jangan sampai kader NU justru jadi keder,” ucapnya.

Selama tiga hari mengikuti pendidikan, para kader NU yang menjadi peserta dibekali berbagai materi, mulai dari materi dasar ke-NU-an, hingga materi yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Para kader pun akan diberikan pendidikan langsung oleh para mentor yang terdiri dari para tokoh NU, salah satunya KH Abuya Muhtadi. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

TERIMA KASIH, PRESIDEN JOKOWI !
Rabu, 01 Apr 2020 | 10:59 WIB
TERIMA KASIH, PRESIDEN JOKOWI !
Islam Politik Ambyar
Senin, 16 Des 2019 | 12:20 WIB
Islam Politik Ambyar

KOMENTAR

150 Kader NU Banten Di-‘Charge’ Selama Tiga Hari di Kegiatan PKP
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top