Sabtu, 15 Mei 2021 |
News Room - Pemerintahan

15 Proyek Nasional akan Dibangun di Banten, Pemprov Siap Gelar Musrenbang

Jumat, 07 Apr 2017 | 20:58 WIB Dibaca: 2173 Pengunjung

Kepala Bappeda Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina, di KP3B, Curug, Kota Serang. Jum'at (6/4/2017)

SERANG, [NEWSmedia] – Pemprov Banten melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten akan menggelar musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) yang akan dimulai tanggal 10, 11, 12, 13 dan 17 April 2017 mendatang.

Percepatan infrastruktur untuk percepatan dan pemerataan pembangunan menjadi tema besar dalam musrenbang 2017. Hal ini dikarenakan, Provinsi Banten menjadi salah satu provinsi yang mendapatkan porsi cukup besar dalam pembangunan proyek strategis nasional (PSN).

15 proyek skala nasional akan dibangun di Provinsi Banten, seperti yang tertuang dalam Rencana Program Jangka Menengah Nasional 2015-2019 dan diperkuat dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Hal itu disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina, di KP3B, Curug, Kota Serang. Jum'at (6/4/2017)

“Tema Musrenbang provinsi kali ini memang difokuskan pada percepatan infrastruktur. Karena saat ini Provinsi Banten sedang banyak dilakukan pembangunan di bidang infrastruktur, baik itu yang dilakukan pemerintah pusat, kabupaten/kota maupun provinsi itu sendiri. Maka perlu dilakukan musyawarah untuk penyelarasan,” ujar Hudaya.

Hudaya mengungkapkan, pembangunan merupakan proses perubahan kearah yang lebih baik dan berkesinambungan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat secara terencana dalam semua bidang kehidupan. Proses penyusunannya diselenggarakan secara partisipatif bermusyawarah untuk mufakat tentang prioritas pembangunan guna menjamin kesinambungan pembangunan.
 
“Tujuan Musrenbang Provinsi Banten Tahun 2017 diantaranya adalah menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah Provinsi Banten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kabupaten/Kota," paparnya.

Hudaya mengatakan, hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Musrenbang Provinsi Banten Tahun 2017 diantaranya meliputi kesepakatan kegiatan perangkat daerah (PD) yang telah mengakomodir hasil Musrenbang Kabupaten/Kota dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD yang merupakan kewenangan tingkat Provinsi. Kesepakatan Usulan Kegiatan akan dibawa ke Forum Musrenbang Nasional Tahun 2017 dan dokumen Rancangan RKPD Tahun 2018 yang telah diselaraskan.

“Pembukaannya dilaksanakan pada Senin (10/4/2017) dengan agenda  penyampaian arahan dari Empat Menteri dan Lembaga Legislatif di Hotel ALLIUM, Kota Tangerang. Penjabat Gubernur akan membuka kegiatan Musrenbang 2017 nanti,” tutup Hudaya. [NM]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

15 Proyek Nasional akan Dibangun di Banten, Pemprov Siap Gelar Musrenbang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top