Rabu, 25 November 2020 |
Kesehatan

15 Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami, Efektif dan Mudah Dipraktikkan

Sabtu, 21 Nov 2020 | 15:08 WIB Dibaca: 8743 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmeida] - Mengetahui berbagai cara membersihkan paru-paru secara alami ini penting sekali. Paru-paru memang bisa membersihkan dirinya sendiri, tetapi tidak seefektif jika pemiliknya ikut berupaya. Pada jangka tertentu, paru-paru manusia akan mengalami penumpukan limbah, zat kimia, jamur, bakteri, dan virus.

Penumpukan zat berbahaya di paru-paru ini ditandai dengan saluran pernapasan yang mengeluarkan dahak berlebihan. Tanda paru-paru kotor yang lain, muncul ketombe, kulit kering, pori-pori membesar, bau badan, perut kembung, dan mengalami infeksi sampai penyakit paru. Di sinilah pentingnya mempraktikkan cara membersihkan paru-paru secara alami.

Kumpulan cara membersihkan paru-paru secara alami ini berupaya mengeluarkan dahak, racun, zat karsinogenik, dan mencegah peradangan. Praktiknya tak hanya dengan menerapkan kebiasaan sehat seperti berolahraga. Melainkan dengan konsumsi makanan dan minuman yang kaya antioksidan, flavonoid, bersifat antivirus, antibakteri, dan antiseptik.

Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Teh Hijau

Teh hijau bisa diterapkan sebagai cara membersihkan paru-paru secara alami. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari penghirupan asap.

Teh hijau mengandung quercetin, antioksidan yang bertindak sebagai antihistamin alami. Antihistamin membantu memperlambat pelepasan histamin dan bahan kimia inflamasi lainnya dalam tubuh yang dapat menyebabkan gejala alergi pernapasan.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum. Air panas juga baik untuk menenangkan tenggorokan dan melindungi paru-paru dari iritasi dengan mengeluarkan selaput lendir.

Buah Beri

Buah beri seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry tak hanya lezat dikonsumsi. Buah-buahan ini cocok digunakan untuk membersihkan paru-paru secara alami. Aman pula dikonsumsi setiap saat.

Manfaat ini datang dari kandungan antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang melimpah. Mengonsumsinya secara rutin bisa bantu mengeluarkan zat karsinogen dari paru-paru, mencegah kanker, dan meringankan infeksi paru-paru.

Jahe

Jahe bisa untuk menjaga kesehatan paru-paru sekaligus membersihkannya. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu membersihkan jalan napas dan detoksifikasi tubuh.

Ini membantu membuang racun dari saluran pernapasan. Selain itu, jahe juga mengandung kurkumin yang bisa meringankan radang pada paru-paru. Bisa dikonsumsi dengan menjadikannya ramuan hangat seperti wedang jahe.

Salmon

Salmon merupakan makanan super yang dapat mencegah paru-paru tidak terganggu. Salmon pun bisa digunakan sebagai upaya membersihkan paru-paru. Cara membersihkan paru-paru secara alami dengan konsumsi salmon juga mudah diterapkan.

Manfaat pembersihan ini berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yang dikaitkan dengan anti-inflamasi seluruh tubuh. Termasuk pula untuk paru-paru yang dapat mengurangi risiko asma.

Mengonsumsi salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejala asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala. Tak hanya salmon, makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 adalah tuna, kacang-kacangan, dan biji rami.

Madu

Madu memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Tidak heran jika madu juga kerap diandalkan untuk mengeluarkan dahak di paru-paru dan membersihkannya secara alami.

Sebuah studi pada tahun 2007 menguji efek madu soba pada infeksi saluran pernapasan atas yang menyerang anak-anak. Dilaporkan bahwa anak yang secara konsisten mengonsumsi madu mengalami perbaikan gejala yang signifikan.

Cobalah mengonsumsi 1 sendok makan madu setiap 3 atau 4 jam sekali. Lakukan hingga lendir di dada atau paru-paru terasa mereda. Hindari memberikan madu untuk anak di bawah 1 tahun karena bisa membahayakannya.

Selain itu bisa juga konsumsi madu dengan campuran lemon. Campur keduanya dengan air hangat. Iritasi dan penumpukan dahak di tenggorokan bisa diatasi dengan mengonsumsinya. Saat meminumnya juga akan membuat saluran pernapasan menjadi lebih nyaman.

Apel

Apel kaya akan sumber antioksidan dan fitokimia (seperti katekin, asam klorogenik, dan phloridzin). Kandungan-kandungan ini membuat cara membersihkan paru-paru secara alami dengan konsumsi apel bisa dilakoni.

Dampaknya mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskular. Apel dikemas dengan asam fenolik dan flavonoid yang dikenal untuk mengurangi peradangan di saluran udara, penyebab umum dari asma dan mengi.

Apel sarat dengan nutrisi, energi tinggi, serat tinggi, makanan rendah kalori. Flavonoid dan beragam vitamin, serta antioksidan, khususnya vitamin C, membantu tubuh mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan sistem pernapasan yang sehat. Ketika fungsi pernapasan sehat, tubuh dapat melawan penyakit paru-paru dan mencegahnya secara alami.

Air Hangat

Tak hanya menjaga hidrasi tubuh, cairan hangat juga mampu mengatasi penumpukan lendir atau dahak yang ada di paru-paru. Pembersihan paru-paru ini bekerja dengan membantu dahak keluar melalui tenggorokan bersama batuk.

Di samping memanfaatkan air putih hangat biasa, manfaat cairan hangat untuk mengatasi lendir di dada juga bisa dirasakan dengan mengonsumsi kuah kaldu, teh hitam atau hijau tanpa kafein, dan teh herbal. Meski begitu, mengonsumsinya berlebihan juga tidak boleh dilakukan, secukupnya saja. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

15 Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami, Efektif dan Mudah Dipraktikkan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top