Jumat, 22 September 2017 |
News Room - Hukum

135 Orang Narapidana di Banten Hirup Udara Bebas

Sabtu, 19 Agt 2017 | 09:27 WIB Dibaca: 224 Pengunjung

Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly didampingi Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Kepala Kakanwil Kemenkumham Banten Ajub Suratman pada acara pemberian remisi di Lapas Anak Tangerang, Kamis (17/8/2017).*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Pada HUT Kemerdekaan RI tahun ini, ada sebanyak 3.133 narapidana (napi) di seluruh Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di Provinsi Banten yang mendapat remisi. Dari jumlah tersebut, 135 orang napi mendapat remisi bebas.

Kepala Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Banten Ajub Suratman mengungkapkan, napi yang mendapat remisi umum I di Provinsi Banten sebanyak 2.998 orang dan yang mendapat remisi II atau langsung bebas, adalah 135 orang.

“Napi yang memperoleh remisi, yakni napi yang sudah memenuhi persyaratan seperti berkelakuan baik, sudah menjalani enam bulan masa tahanan, dan mengikuti program pembinaan,” kata Ajub dalam siaran pers yang diterima NEWSmedia, Kamis (15/8/2017).

Ajub juga mengungkapkan, dari total 11 UPT Lapas dan Rutan se-Provinsi Banten, yang terbanyak memperoleh remisi berada di UPT Lapas Kelas II Pemuda Tangerang, yaitu sebanyak 735 napi.

Acara pemberian remisi dilakukan Kementerian Hukum dan HAM dalam rangkaian acara peringatan HUT RI tingkat Naional di Lapas Anak Tangerang, Kamis (17/8/2017). Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly pun hadir dalam acara tersebut.

Acara pemberian remisi kepada ribuan warga binaan itu juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan hiburan dalam rangka memperingati HUT ke-72 RI, di antaranya peresmian Museum Pemasyarakatan pertama di Indonesia, MOU tentang pembinaan kepribadian di bidang seni khusus untuk warga binaan, pameran karya seni hasil warga binaan, perlombaan dan hiburan.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, para mantan napi ini diharapkan bisa kembali ke masyarakat tanpa harus ada cap mantan narapidana. Remisi tersebut, kata dia, sebagai hak mereka untuk kembali ke masyarakat.

“Jadi saat ke luar dari lembaga pemasyarakatan, mereka bisa langsung berbaur dengan masyarakat dengan segala kemampuan yang sudah kami bina selama ini,” ujarnya. [ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

135 Orang Narapidana di Banten Hirup Udara Bebas

BERITA TERKAIT

Top