Sabtu, 25 November 2017 |
Kesehatan - News Gallery

10 Manfaat Akar Alang-Alang yang Jarang Diketahui

Selasa, 21 Feb 2017 | 00:03 WIB Dibaca: 2400 Pengunjung

Rumput Alang-alang.*

[NEWSmedia] - Mendengar judulnya saja, mungkin akan muncul tanda tanya besar dalam pikiran kita, apakah alang-alang memiliki manfaat sebagai obat? Sebenarnya jika kita mau mencari tahu, semua ada manfaatnya, termasuk alang-alang yang sering disingkirkan.

Pada daerah pertanian, memang alang-alang ini sering disingkirkan karena dianggap menjadi gulma bagi tanaman lainnya. Terkadang gulma bisa tumbuh subur dibandingkan dengan tanaman yang ditanam oleh para petani. Tapi yang perlu kita tahu, sebenarnya keberadaan alang-alang ini dapat menghindarkan kerusakan tanah seperti erosi. Jalinan akar yang berkembang dalam tanah mampu menahan air saat musim hujan tiba. Itulah salah satu manfaat alang-alang bagi tanah di bumi kita.

Selain itu, ada juga manfaat lainnya yang lebih penting, yaitu sebagai obat alami atau obat tradisional kesehatan. Bagi anda yang memiliki masalah dengan kesehatan, berikut ini beberapa manfaat alang-alang yang perlu anda ketahui agar dapat anda jadikan sebagai obat tradisional:

10 Manfaat Akar Alang-alang sebagai Obat Tradisional

1. Meredakan panas dalam

Anda bisa memanfaatkan akar alang-alang ini sebagai obat alami meredakan panas dalam. Jika anda mengalami masalah panas dalam, silahkan ambil umbi akar alang-alang secukupnya dan cucilah hingga bersih. Jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Lalu tumbuklah umbi akar tersebut hingga menjadi bubuk. Anda bisa mensedu bubuk alang-alang tersebut dengan air panas dan menambahkan madu secukpnya sebagai perasa.

2. Mengobati mimisan

Jika anda mengalami mimisan atau keluar darah dari dalam hidung anda, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan akar alang-alang. Cucilah akar alang-alang yang masih segar. Setelah bersih lalu tumbuk akar tersebut dan peraslah untuk mendapatkan sarinya. Kumpulkanlah sari alang-alang tersebut hingga 100 cc dan minum.

3. Melancarkan buang air kecil

Buang air kecil yang tidak lancar memang sangat mengganggu kenyamanan aktivitas. Untuk melancarkan buang air kecil anda, anda bisa memanfaatkan akar alang-alang. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan alang-alang dengan gula batu, seduh dan dinginkan. Minumlah seduhan tersebut secara teratur.

4. Mengatasi kencing batu

Kencing batu memang sangat menyakitkan. Penyakit ini terjadi akibat adanya endapan kalsium dalam kantung kemih. Sehingga menyebabkan buang air kecil menjadi tidak lancar dan disertai rasa sakit. Rebuslah alang-alang, daun meniran, dan kumis kucing. Setelah dibiarkan dingin lalu minumlah. Ramuan ini sangat efektif mengatasi kencing batu.

5. Mengobati penyakit asma

Bagi anda ang menderita penyakit asma, anda bisa memanfaatkan akar alang-alang untuk mengobatinya. Rebuslah 100 gram akar alang-alang, tambah 50 gram sirih, lalu seduh menggunakan 200 ml air. Setelah tersisa setengah airnya, kemudian minumlah secara teratur.

6. Mengobati diare

Alang-alang juga bermanfaat untuk mengobati penyakit diare. Baik pada anak dewasa maupun anak-anak. Cucilah 250 gram akar alang-alang, dan rebuslah dengan 2 gelas air selama 15 menit.  Kemudian saring airnya dan minumlah. Minumlah satu gelas segera setelah buang air besar.

7. Mengobati keputihan

Masalah keputihan memang sering dialami oleh para wanita. Jangan pernah membiarkan penyakit keputihan ini, sebab jika dibiarkan akan berbahaya. Anda bisa memanfaatkan alang-alang untuk mengatasi keputihan. Rebuslah alang-alang secukupnya, tambahkan daun pepaya dan pulasari, minum rebusan 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

8. Mengatasi air kencing berdarah

Untuk mengatasi air kencing yang berdarah menggunakan akar alang-alang, siapkan  umbi akar alang-alang yang sudah kering lalu direbus dengan 2 gelas air. Tambahkan 3 potong tang kwe atau manisan labih putih. Setelah mendidih, minumlah 2 kali sehari. Kencing darah akan teratasi dan suhu tubuh akan lebih stabil.

9. Radang ginjal akut

Radang ginjal akut ini memang sangat berbahaya jika dibiarkan. Untuk mengobatinya, siapkan kurang lebih 60-120 gr akar ilalang segar yang sudah dicuci bersih. Potonglah akar menjadi kecil-kecil dan rebuslah hingga mendidih dengan air kurang lebih 3 gelas. Minumlah secara rutin 2-3 kali sehari. Maka secara perlahan radang ginjal akut akan terobati.

10. Mengobati muntah darah

Anda pernah mengalami muntah darah? Jangan dibiarkan. Atasi dengan bahan alami seperti akar alang-alang. Siapkan 30-60 gram akar alang-alang yang masih segar. Cucilah akar tersebut hingga bersih. Lalu potonglah hingga menjadi kecil-kecil dan rebuslah dengan air kurang lebih 3 gelas. Setelah mendidih tunggu hingga agak dingin dan minum secara teratur.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Akar Alang-alang sebagai Obat Tradisional. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. [Viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Gemuk
Sabtu, 25 Nov 2017 | 06:31 WIB
Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Gemuk
Rajin Berjemur, Cara Alami Cegah Penyakit Rematik
Sabtu, 25 Nov 2017 | 01:02 WIB
Rajin Berjemur, Cara Alami Cegah Penyakit Rematik
Tips Ramuan Kunyit untuk Membersihkan Racun Tubuh
Jumat, 24 Nov 2017 | 09:48 WIB
Tips Ramuan Kunyit untuk Membersihkan Racun Tubuh

KOMENTAR

10 Manfaat Akar Alang-Alang yang Jarang Diketahui

BERITA TERKAIT

Top