Jumat, 07 Agustus 2020 |
News Room - Kesehatan

1 Dari 100 Warga di Provinsi Banten Menderita Asma dan Paru Kronik

Rabu, 21 Des 2016 | 07:00 WIB Dibaca: 1041 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

TANGERANG, [NEWSmedia] - BPJS Kesehatan Kantor Divisi Regional XIII Banten mencatat jumlah penderita Asma dan Paru Obstruktif Kronik (PPOK) di Banten terbanyak ke-5 di Indonesia.

Menurut Kepala Cabang Utama BPJS Kesehatan Serang, Chandra Nurcahyo, satu dari 100 orang di Provinsi Banten menderita asma dan PPOK. Ia mengungkapkan, jumlah penderitanya kini sudah mencapai 2.500 jiwa.

“Data kami belum final tahun ini, namun secara nasional jumlah penderita di Banten ada 2.500 jiwa dan tersebar di empat kabupaten/ kota di wilayah Provinsi Banten," kata Chandra di sela-sela penandatangan kesepakatan penyesuaian tarif BPJS Kesehatan di Gading Serpong, Tangerang, Selasa (20/12/2016).

Chandra pun menyayangkan, kebanyakan penderita Asma dan PPOK di Banten belum memanfaatkan layanan BPJS. Padahal, kata dia, BPJS memiliki 260 dokter umum, perawat, bidan dan petugas edukasi.

“Mereka yang akan menjaring dan melakukan penjagaan agar tidak terlalu parah. Kita mengedukasi masyarakat dari pola hidupnya dan mengecek sampai berapa tingkat keparahan penderita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Regional XII BPJS Kesehatan, Benjamin Saut PS mengungkapkan, pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman dengan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) untuk mengoptimalisasikan penanganan pasien asma dan PPOK di FKTP serta prolanis Asma dan PPOK.

“Gambaran epidemiologi menunjukkan telah terjadi peningkatan prevelensi Asma dan PPOK. Bahkan terjadi pula pergeseran dominasi kelompok usia dari umur di atas 75 pada tahun 2007, dan saat ini terjadi pada kelompok usia 25-35 tahun,” ungkapnya.

Diketahui, secara nasional, saat ini pengguna JKN-KIS Provinsi Banten mencapai angka 6,9 juta jiwa dari total keseluruhan penduduk Banten 10,5 juta jiwa. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

1 Dari 100 Warga di Provinsi Banten Menderita Asma dan Paru Kronik
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top