Senin, 10 Mei 2021 |
News Room - Kesehatan

1.200 Peserta BPJS Kesehatan Cabang Serang Ikuti Senam Sehat Kolosal

Minggu, 29 Jul 2018 | 11:32 WIB Dibaca: 847 Pengunjung

Senam Sehat Kolosal peserta BPJS Kesehatan di GOR Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, Minggu (29/7/2018) pagi.

SERANG, [NEWSmedia] - Ribuan peserta BPJS Kesehatan menggelar Senam Sehat Kolosal di GOR Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, Minggu (29/7/2018) pagi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang,  Sofyeni mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Asian Games XVIII sekaligus merayakan HUT BPJS Kesehatan yang ke-50.

"Kurang lebih diikuti oleh 1.200 peserta kalau berdasarkan absensi, selain senam kita ada pemeriksaan kesehatan, edukasi dan door prize juga," kata Sofyeni kepada awak media.

Sofyeni menjelaskan, 1.200 orang tersebut terdiri dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, stakeholder terkait, hingga para Duta BPJS Kesehatan.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan senam rutin setiap pagi, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit," jelasnya.

Sofyeni menyebutkan, dengan mengajak serta masyarakat untuk membiasakan berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat, dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia. 

"Karena pada tahun 2017, biaya yang dihabiskan untuk penyakit katastropik telah mencapai Rp18,4 triliun atau 21,896 dari total biaya pelayanan kesehatan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Sigit Wardojo menyambut baik kegiatan tersebut, sebab menurutnya, kegiatan seperti itu, bisa mengurangi atau mencegah penyakit kronis di masyarakat.

"Ini adalah upaya preventif dan promotif selain pengobatan melalui BPJS Kesehatan, tapi paling tidak kalau di hulu diperbaiki, mudah-mudahan dihilir penyakit tidak memberatkan kita, sehingga biaya kesehatan bisa ditekan dan digunakan untuk pembangunan yang lainnya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

1.200 Peserta BPJS Kesehatan Cabang Serang Ikuti Senam Sehat Kolosal
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top